Profile
Join date: Mar 10, 2022
About

Kayu jati jepara adalah jenis kayu jati yang ditebang dalam kondisi sudah tua dan lebih kering dibandingkan kayu jenis lainny. Mengapa? Alasannya adalah kayu jati di wilayah Jepara tumbuh di lahan yang memiliki cuaca panas dan memiliki masa pertumbuhan lebih lama. Proses pertumbuhan kayu jati jepara yang lama membuat struktur kayu lebih keras, padat dan bentuk urat atau serat kayu lebih jelas. Tidak lupa bahwa kualitas kayu jati jepara lebih tahan terhadap rayap.


Anda bisa membandingkan dengan kayu jati yang tumbuh di wilayah Jawa Barat. Di sana kayu jati memiliki kandungan air yang lebih tinggi dikarenakan kadar air dalam tanah sangat tinggi https://www.asiafurniture.id/. Kembali lagi dengan kualitas kayu jati Jepara. Dilihat dari penampilan, kayu jati jepara yang memiliki serat kayu lebih terlihat artistik. Serat kayu yang terbentuk ini berasal dari lingkaran tahun yang terbentuk dari hitungan tahun masa tumbuh dari pohon jati.


Ada banyak yang mengatakan bahwa kualitas kayu jati jepara yang berat karena kandungan air yang tinggi. Hal tersebut salah karena berat bukan dikarenakan kadar air yang tinggi, setiap kayu jati akan mengalami proses pengeringan dan akan menimbulkan tingkat kelembaban yang disebut dengan moisture content (MC). Setiap kayu memiliki MC standar yang harus dimiliki agar bisa bertahan lama. Untuk kayu jati, MC standar yang digunakan adalah 12%.


Sedangkan untuk kayu yang masih memiliki kadar air tinggi bahkan di atas MC standar akan menimbulkan efek buruk seperti lapisan cat yang tidak bertahan lama dengan adanya efek menggelembung, mudah pudar dan lainnya https://dispermasdes.semarangkab.go.id/question/pilih-furnitur-jepara/. Hal ini disebabkan kadar air dalam kayu jati dapat naik kapan saja tergantung dengan udara di sekitarnya. Jadi sangat penting bagi Anda memastkan MC kayu jati jepara sudah standar sebelum melakukan proses finishing.



cute4v
More actions